Worth the Price?


 

 Review Dr. Brown Bottle Sterilizer and Dryer


Hai moms, sebagai seorang ibu, pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak kita. Apalagi urusan kesehatan anak ya, sudah pasti jadi prioritas dalam keseharian kita. Tumbuh kembang anak tidak lepas dari perawatan dan kasih sayang orang tua.
Setiap new mom, pasti bingung di awal persiapan kelahiran anak untuk membeli atau mencari peralatan si kecil, salah satunya alat steril botol susu. Beberapa ibu ada yang memerlukan alat steril botol, dan ada yang tidak perlu. Di masa lalu teknik untuk mensteril botol adalah dengan merebusnya di air mendidih kemudian ditiriskan sampai kering. Alat steril botol atau disebut juga sterilizer mempermudah ibu mensterilkan botol, menghemat tenaga dan waktu ibu, dibandingkan jika harus merebusnya secara manual.

Nah, mama guten lebih memilih yang mana? steril manual atau steril dengan sterilizer?
Mama guten lebih memilih dengan sterilizer. karna sangat efisien waktu, tenaga dan sangat efektif. Bagi saya, sterilizer adalah alat investasi, dimana alat ini bisa digunakan jangka panjang, mempermudah ibu, dan bisa diturunkan ke anak selanjutnya, disewakan ke orang lain, atau diberikan kepada keluarga setelah tidak digunakan nanti.

Lalu mama guten pake sterilizer merk apa?
Mama guten pakai sterilizer merk "Dr Brown Bottle Sterilizer and Dryer". Kenapa memilih merk ini?
Kalo Bunda penasaran, lets scroll down, aku akan bahas dengan rinci, kenapa memilih sterilizer ini.

Seperti ini ya bentuk sterilizer yang mama guten beli di toko Lavie Bandung. Saat itu, aku bingung banget milih alat sterilizer yang ingin dibeli. Terus sebelumnya pernah browsing tentang produk - produk merk Dr. Brown, produknya mendapatkan review bagus dari netizen. Kemudian saya mintalah kepada spg tokonya, sterilizer yang merk dr. Brown. Ada 2 tipe saat itu, sterilizer tanpa dryer / pengering dan sterilan dengan dryer (tipe yang akan saya bahas sekarang). Saya pilih yang pakai pengering.

Kenapa memilih Dr Brown Bottle Sterilizer and Dryer?
Ada beberapa alasan: Ditinjau dari kelebihan alatnya
  1. Sterilizer + Dryer ini dapat mensteril dan mengeringkan 6 botol, aksesoris pumping, teether dan empeng sekaligus. Tetapi jika dilihat dari bentuk alatnya yang memanjang ke atas, saya bisa mensteril 8-9 botol dan aksesoriesnya sekaligus.
  2. 4 in 1 mode yang diberikan meliputi: Hanya mensterilkan, hanya mengeringkan, mensterilkan sekaligus mengeringkan, dan mode penyimpanan selama 24 jam.
  3. Sterilizer ini mampu membunuh 99,99 % bakteri, lumut dan jamur, penyebab sakit sariawan di mulut bayi maupun penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh anak.
  4. Memiliki HEPA FILTER yang mampu menangkap 95% partikel berbentuk airborn seperti virus, bakteri penyebab TBC
Jika ditinjau dari kekurangan alatnya:
  1. Harganya MAHAL. Saat bulan Juli 2021 harganya Rp.1.750.000 (satu juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengeringannya cukup lama. 8 menit untuk melakukan steam (sterilisisasi dengan memberikan uap panas, seperti merebus), 45 menit dibutuhkan waktu untuk pengeringan. Walaupun demikian, cara saya mengakalinya adalah, saya memiliki botol dot cadangan, jika lama menunggu botol yang masih disterilisasi.
  3. Alatnya teraba panas saat proses sterilisasi, harap alat ini dijauhkan dari jangkauan anak - anak.
  4. Air untuk melakukan sterilisasi direkomendasikan menggunakan air distilasi (salah satunya air merk AMIDIS). Jika memakai air mineral biasa misalnya air AQUA/ air ledeng, akan muncul kerak pada dasar alat sterilisasi. Kemudian hal ini menyebabkan alat harus rutin dilakukan pembersihan kerak dengan air cuka 90 ml + 30 ml air distilasi setiap 2 minggu sekali.
  5. Ukurannya cukup besar, kalau bepergian keluar kota membutuhkan cukup space di dalam bagasi / koper.
Apa saja yang didapatkan dari pembelian alat ini?
  1. Hepa filter cadangan , penggantian hepa filter @6 bulan sekali.
  2. Gelas Ukur untuk menambah air distilasi.
  3. Mesin dan juga 2 tray (tray untuk botol dan tray untuk aksesoris) + penutupnya.
Apakah mama guten merekomendasikan alat ini kepada bunda - bunda lainnya?
Saya merekomendasikan alat sterilizer ini, untuk ibu - ibu yang memiliki kemampuan untuk membeli. Walaupun harganya mahal, setelah saya menggunakan selama 6 bulan, anak saya dalam kondisi sehat, botol dan dotnya tidak rusak setelah proses sterilisasi berulang kali, dan dalam kondisi bagus, alat sterilizernya juga tidak mudah rusak. Hepa filternya yang bikin saya bertahan ingin membeli alat ini, apalagi musim virus corona saat ini, dan hepa filter saat inidirekomendasikan digunakan untuk membersihkan udara dari virus corona. Alat ini benar - benar mempermudah saya dalam proses sterilisasi dan pengeringan botol sekaligus bisa disimpan di dalam alat selama 24 jam.
Apakah mama guten akan melakukan pembelian ulang, jika alat ini sudah rusak?
Tergantung kemampuan finansial saya nantinya, tapi saya akan mengusahakan untuk membeli alat ini lagi kedepannya.

Apakah mama guten tau, ada produk dengan merk lain yang kerjanya mirip dengan sterilizer dr. Brown ini?
Nah, saya menemukan beberapa alat yang sistem kerjanya mirip alat sterilizer dr.brown namun harganya lebih terjangkau.
BABY SAFE STE01 (DIGITAL STERILIZER AND DRYER (Rp. 599.900)
OONEW STERILIZER DRYER 5 INI 1 MULTIFUNCTION (Rp. 762.500)
BEAR STERILIZER 7 DRY X06-A06B1 (Rp. 474.905)

Okey Bunda, apakah tertarik untuk membeli alat sterilizer dr brown ini?? Semoga informasi dan sharing pengalaman yang saya berikan mampu meringankan kebingungan bunda dan membantu bunda dalam mengambil keputusan untuk membeli alat sterilizer.

Salam Sehat, Mama Guten
Happy Wife, Happy Family

Komentar